Upgrade Skill Jurnalistik dan Konten Video bersama Bawaslu Kota Tegal

 


11 Juli 2023, di Kantor Bawaslu Kota Tegal saya berkesempatan untuk ikut hadir dalam Pelatihan Jurnalistik dan juga pembuatan konten video. Kegiatan ini merupakan salah satu fasilitasi dari Bawaslu Kota Tegal, untuk mengupgrade skill pengawas pemilu di tingkat kecamatan. Dan khusus untuk mengundang divisi Humas dari empat kecamatan dan saya sendiri Alhamdulillah bisa hadir dalam kegiatan tersebut. Yuk, lah dibaca sampai habis ya Upgrade Skill Jurnalistik dan Konten Video bersama Bawaslu Kota Tegal.

Pelatihan Jurnalistik



Untuk sesi pertama ini tentang Jurnalistik yang disampaikan oleh GM Radar Tegal yang juga Ketua PWI Kota Tegal pak Sekhun. Beliau menyampaikan beberapa tips dan juga materi kaitan tentang pembuatan berita. Hal ini sebenarnya sangat bermanfaat sekali karena bisa di gunakan saat membuat laporan form A. Beliau menyampaikan terkait pembuatan berita harus terdapat unsur 5W+1H, bagaimana membuat judul yang menarik dan tidak terlalu panjang.

Selain itu beliau juga menyampaikan Rukun Iman yang pernah disampaikan oleh pak Dahlan Iskan, Yaitu :Ketokohan, Peristiwa Besar,Kedekatan. Peristiwa Baru/hal baru,Human Interest dan Memiliki Tujuan. Apabila sebuah informasi terdapat satu atau dua diantara Rukun Iman tersebut, maka Informasi tersebut bisa dijadikan bahan berita. Dan masih banyak informasi lainnya yang diberikan oleh beliau.

Apakah hanya materi saja? Tentu saja segala sesuatu harus ada prakteknya ya sist, begitu pula dengan materi ini ada praktek dalam menuliskan berita. Untuk itu peserta yang hadir diberi tugas untuk menuliskan berita tentang kegiatan tersebut.

Pelatihan Konten Video.



Untuk pelatihan konten video ini sebenarnya sudah pernah di undang, tetapi untuk kali ini benar – benar praktek mengenai beberapa aplikasi. Untuk narasumber kedua dari @Exploretegal yaitu mas Evan. Ada beberapa yang disampaikan dalam pelatihan kedua ini. Diantara bagaimana mengambil video dari berbagai sudut, tips agar tidak tremor saat mengambil video dan berbicara tentang algoritma Instagram dan juga Tiktok. 

Dan satu hal yang paling seru adalah saat benar benar praktek membuat video dan juga mengedit di aplikasi Capcut. Sehingga benar benar paham dan ada output dari pelatihan ini.



 Bagi saya sendiri pelatihan ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam edukasi kepemiluan. Bagaimana membuat edukasi yang menarik dan bisa di posting di social media. Jurnalistik juga bisa menjadi acuan dalam membuat caption dalam share kegiatan atau video edukasi di sosial media. Karena tentunya untuk pencegahan di era sekarang penting untuk bisa memberikan edukasi bukan hanya offline tapi juga di Dunia Digital juga. Karena kampanye pun tidak hanya dilakukan melalui tatap muka tapi juga melalui digital.

Acara yang bagi saya sebagai pengawas sekaligus konten kreator sangat bermanfaat sekali. Tentunya di harapkan akan menambah skill divisi humas Bawaslu baik tingkat kota maupun kecamatan. Terima Kasih Bawaslu Kota Tegal.



Komentar

Postingan Populer