Yuk Kenalan dengan Panwaslu Kecamatan



Hai Bestie….gimana kabarnya?lama banget ya ga update di blog.

Sebenarnya ada beberapa peristiwa yang pengin di share, hanya saja karena belum bisa beradaptasi jadi lama banget ga update.

Kali ini saya mau cerita tentang salah satu pengalaman yang benar benar baru dalam hidup saya yaitu menjadi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau kita bisa singkat menjadi Panwascam. Adakah yang tahu tentang Panwascam? Atau mungkin baru denger tentang panwascam? Oke, kali ini aku bakalan bahas sedikit tentang Panwascam. Yuk, Kenalan dengan Panwaslu Kecamatan.

 

Apa Panwaslu Kecamatan?

 

Jadi, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau biasa kita sebut Panwascam ini merupakan salah satu bagian dari Bawaslu. Dimana Bawaslu ini merupakan badan Pengawasan Pemilu. Apa bedanya dengan KPU? Tentu beda ya bestie sayang, kalau KPU adalah penyelenggara pemilu, sedangkan Bawaslu seperti yang sudah dibahas diatas lebih kepada pengawasannya. Terus gimana tentang Panwascam? Kalau Panwascam ini dibawah Bawaslu. Jadi kami melakukan pengawasan setingkat Kecamatan. Dan Alhamdulillah melalui seleksi yang panjang bisa terpilih menjadi Panwascam Tegal Selatan. Nanti saya ceritakan sedikit lika liku Pendaftaran Panwascam.

Nah, karena kebetulan Kota Tegal ini ada empat kecamatan, sehingga ada empat Panwascam yaitu Panwascam Tegal Timur, Tegal Selatan, Margadana dan juga Tegal Barat. Nah kebetulan saya termasuk dalam anggota Panwascam Tegal Selatan.

 

Kan Pemilu masih 2024 kok sudah di bentuk Panwascam?

Adakah yang punya pertanyaan sama? Dulu saya pun punya pertanyaan yang sama? Kenapa Panwascam harus di bentuk padahal pemilu masih lama.

Jawabannya adalah karena Bawaslu sebagai badan pengawasan pemilu bukan hanya mengawasi pada saat pemilu tapi bahkan saat memulai tahapan pemilu yang di mulai sekitar bulan Juni 2022. Dan Panwascam juga sebagai salah satu bentuk pengawasan tahapan pemilu di tingkat kecamatan. Salah satunya yang sekarang sedang dilakukan KPU adalah Pendaftaran PPK. Nah, Panwascam juga bergerak untuk mengawasi agar tahapan ini bisa dilaksanakan dengan baik sesuai regulasi yang ada.

Apakah cuman itu?

Tentu tidak bestie, beberapa hari yang lalu kami bahkan ikut serta dalam pengawasan Verifikasi Faktual keanggotaan Partai Politik. Nanti kita bahas lika likunya di postingan yang lain yak.

 

Ada banyak hal pekerjaan Panwascam yang mungkin kurang familiar dengan masyarakat luas. Padahal pengawasan kami bukan hanya saat pemilu atau pun kampanye. Tapi juga saat tahapan pertama di mulai. Agar segala tahapan yang dilaksanakan bisa sesuai dengan Regulasi yang ada dan meminimalisir terjadinya pelanggaran. Dan tentu saja supaya masyarakat juga bisa teredukasi dengan baik.

 

Berapa lama jabatan Panwascam?

 

Jadi panwascam ini untuk selamanya atau kontrak sech?

Jadi Panwascam itu bersifat Ad-hoc yang artinya bersifat sementara. Untuk masa kerjanya sendiri adalah terhitung setelah dilantik sampai dengan tahapan pemilu serentak 2024 selesai. Jadi mungkin sekitar dua tahun kalau periode yang sekarang.

 

Berapa Orang yang Bertugas Sebagai Panwascam?

 

Untuk Panwascam yang ada di kota Tegal sendiri setiap kecamatan terdiri dari satu ketua dan dua anggota. Jadi ada tiga komisioner Panwascam di setiap Kecamatan. Dan kebetulan untuk Kota Tegal sendiri hanya ada dua perempuan.

 

Gimana? Sudah mulai paham belum tentang Panwascam ini? Mudah – mudahan bisa menjadi informasi yang baik dan bermanfaat untuk teman – teman semua. Siapa tahu mungkin periode pemilu yang akan dating, ada yang mau mencoba pengalaman baru menjadi Pengawas Pemilu di tingkat Kecamatan.

Mudah – mudahan informasi bisa bermanfaat untuk teman – teman semua. Dan jangan bosan ya kalau misal nanti akan banyak tulisan tentang kepemiluan terutama tentang pengawasan pemilu. Adakah teman – teman yang ikut juga sebagai Pengawas Pemilu atau mungkin Penyelenggara Pemilu? Komen yuk…

 

 

 


Komentar

Postingan Populer