Ramadan ala Pengawas Pemilu

 

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan




 

Ramadan tahun ini terasa berbeda bagi saya pribadi. Karena Ramadan ini Alhamdulilah masih sebagai pengawas pemilu bahkan naik tingkat menjadi anggota komisioner Bawaslu Kota Tegal. Kalau Ramadan yang lalu, masih berstatus menjadi  panwascam atau Pengawas Pemilu Kecamatan.

Ramadan ini juga special karena bersamaan dengan tahapan rekapitulasi yang masih berlangsung, sehingga mau tidak mau bagi kami, Ramadan harus tetap berproduktif. Kapan – kapan akan saya ceritakan tentang Tahapan Rekapitulasi.

Ada beberapa hal kebiasaan dari Ramadan lalu yang mungkin bisa saya terapkan di Ramadan tahun ini. Atau mungkin bisa saja menjadi alternative pilihan bagi teman – teman yang memiliki aktifitas padat seperti saya. Supaya Ramadan tidak berlalu begitu saja karena kesibukan dunia. Karena bagaimanapun Ramadan ini saatnya bisa beribadah dengan pahala yang berkali lipat.

 

Ramadan ala Pengawas Pemilu

 

Salah satu hal yang saya syukuri sebenarnya adalah karena Ramadan ini tidak memasuki tahapan krusial, hanya tahapan akhir dari Tungsura, sehingga walaupun memang ada kegiatan tidak terlalu padat sepertinya (semoga hehehe), Tulisan ini tidak akan membahas banyak tips berpuasa di bulan Ramadan. Karena hanya mau share sedikit saja agar ditengah kesibukan sebagai pengawas pemilu masih bisa beribadah dengan nyaman.

 

Buat To do list Kegiatan.

Meskipun memang pengawasan sedang tidak terlalu padat, tapi kegiatan persiapan menghadapi pilkada dan evaluasi pemilu 2024 tetap berjalan. Jadi harus pintar untuk memilih dan memilah kegiatan di luar pengawasan. Karena meskipun tahapan pemilu sudah memasuki Rekapitulasi Nasional, akan tetapi juga beririsan dengan persiapan Tahapan Pilkada, Jadi harus bisa memilah kegiatan pribadi agar puasa tidak terlalu berat.

 

Sisihkan waktu untuk Ibadah

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan yang kedua bagi Pengawas Pemilu adalah membagi waktu untuk ibadah. Ini penting agar jangan sampai focus dalam kegiatan pengawasan lantas lupa dengan kegiatan ibadah selama Ramadan. Salah satunya adalah ngaji Al-qur’an. Mungkin memang selain dari Ramadan kita juga ngaji, tetapi di bulan Ramadan ini tentu jadi momen yang special ya paling tidak di tambah waktu untuk ngajinya. Selain itu juga perihal Tarawih juga harus menjadi perhatian khusus. Meskipun memang sunnah, akan tetapi tentu bulan Ramadan ini momen setahun sekali melaksanakan ibadah Sholat Tarawih. Bagi pengawas pemilu yang sedang dinas luar tentu menjadi salah satu problem kecil adalah sholat tarawih. Karena tentu akan berat sekali melakukan sholat tarawih sendirian di kamar hotel, bila di sekitar hotel tidak ada masjid.

 

Luangkan waktu Istirahat

Ini penting banget karena badan kita tentu tidak seperti biasa, dan butuh istirahat di tengah – tengah padatnya kegiatan. Bisa ambil jeda istirahat setelah sholat dhuhur tidur siang sebentar agar badan tidak terlalu Lelah dan memancing rasa haus (hehehe). Ada beberapa ustad yang mengatakan bahwa sunnah tidur siang sebelum dhuhur, itu juga bisa di gunakan waktu sebentar untuk istirahat.

 

Jangan lupa Sahur.

Nah, dari semua Tips Berpuasa di Bulan Ramadan dan sunnah Ramadan jangan lupa untuk Sahur. Meskipun mungkin fisik kuat dan sering puasa sunnah, tapi jangan lupa sahur karena itu merupakan sunah Ramadan. Meskipun mungkin hanya air putih dan kurma.

 

Ada empat hal yang harus diperhatikan di bulan Ramadan ini  untuk pengawas Pemilu. Karena bagaimana pun proses demokrasi ini belum selesai, dan beririsan dengan tahapan lain sehingga butuh fisik yang kuat untuk menjalankan setiap tahapan.

Semoga Tips Berpuasa di Bulan Ramadan ini bisa membantu teman – teman yang mungkin juga memiliki kesibukan yang sama. Terima kasih sudah membaca Ramadan ala Pengawas Pemilu

Jaga Kesehatan

Jaga Ibadah di bulan Ramadan

Mari pengawasan di bulan Ramadan dengan riang gembira.


Komentar

Postingan Populer